Kamis, 13 Januari 2022

Hal yang Harus Diketahui dalam Berinvestasi Crypto di Early Project

Hal yang Harus Diketahui dalam Berinvestasi Crypto di Early ProjectSetelah sebelumnya kita mengetahui bagaimana cara kerja liquidity pool secara singkat, selanjutnya kita akan membahas bagaimana menentukan kriteria projek yang cukup baik berdasarkan Liquidity nya.

Secara tidak langsung, liquidity mempengaruhi batas maksimal transaksi yang dapat dilakukan oleh suatu token.

Pada skema diatas, dapat disimpulkan bahwa pentingnya nominal BNB pada wadah (pool sebelah kanan) mempengaruhi nominal transaksi yang bisa terjadi.


Sebagai contoh, apabila Developer hanya menyediakan Liquidity pool sebesar 1 BNB, maka transaksi maksimal untuk penjualan token adalah senilai 1 BNB yang akan langsung menghabiskan Liquidity pool BNB yang tersedia apabila terjadi transaksi penjualan tersebut. Dengan singkat dapat kita simpulkan bahwa Liquidity pool merupakan jaminan dari suatu transaksi token dapat berlangsung di dalam DEX (Decenralize Exchange: kami akan membuatkan artikel terpisah mengenai ini)

Lalu berapakah normalnya nominal Liquidity Pool untuk sebuah token dapat dikatakan cukup baik?

Berdasarkan beberapa pengalaman dari rekan-rekan early investor, umumnya para investor menyukai Liquidity pool minimal sebesar 10% dari nominal token yang di kunci (dijaminkan) oleh Developer tersebut.

Lalu bagaimana jika sebuah projek hanya menyediakan Liquidity pool yang sangat kecil seperti 5% atau bahkan 3% dari token yang dijaminkan ?

Terdapat 2 alasan yang dapat kita pertimbangkan terkait ini

  1. Developer tidak menyediakan Liquidity pool yang besar karena minimnya modal untuk melakukan penguncian Liquidity pool tersebut.
  2. Developer sengaja menyediakan Liquidity pool dengan rasio rendah untuk menghindari ketertarikan para Whale (investor besar) melakukan transaksi memanipulasi harga secara ekstrim (Pump and Dump) dan lebih menarik small investor (Investor retail) yang lebih diharapkan untuk melakukan investasi jangka panjang

Dengan segala pertimbangan yang telah kami sampaikan secara ringkas terkait Liquidity pool ini hanyalah sebagian kecil parameter untuk menentukan projek yang akan kita investasikan, kita tidak bisa menilai suatu projek hanya berdasarkan pada nominal Liquidity pool yang tersedia.

Pada artikel selanjutnya kami akan membahas tentang cara melakukan pengecekan Liquidity pool yang terkunci. Untuk itu diharapkan Dex Lovers berlangganan website kami agar tidak tertinggal info terupdate.